Rabu, 16 November 2016

Sultan Ageng Tirtayasa, Pahlawan Nasional Asal Provinsi Banten

 
Lahir : Banten,1631
Wafat : 1683
Makam beliau berada di sebelah utara Masjid Agung Banten.. Anak dari :Sultan Abdul Ma'ali Ahmad dan  Ratu Martakusuma Bergelar : Pangeran Surya,Pangeran Ratu dan Pangeran Adipati Berkuasa : priode 1651 -1683. Beliau menginginkan Banten mempunyai kerajaan Islam. Perkembangan pendidikan agama Islam maju dengan pesat. Saat itu
 Nama beliau juga dijadikan 
nama universitas didaerah Serang-Banten

 .SK Pres: 45/TK/1970
 bertanggal 1-8-1970
Sultan Ageng Tirtayasa
 Hidup : 1631-1683 


Perjuangan beliau salah satunya adalah menentang Belanda karena VOC menerapkan perjanjian monopoli perdagangan yang merugikan kesultanan Banten dan rakyat Banten, akhirnya Belanda di usir dari tanah Banten. Lalu Tirtayasa menjadikan Banten sebagai pelabuhan terbuka, kondisi ini tidak disukai VOC. Mereka lantas memblokade Banten.

Didalam Pemerintahan, Langkah yang beliau tempuh :
1.         Bidang sektor ekonomi.
 Meningkatkan Kesejahteraan rakyat melalui pencetakan sawah-sawah baru serta  irigasi yang sekaligus berfungsi sebagai sarana perhubungan.
2.        di bidang keagamaan
  •  mengangkat Syekh Yusuf, seorang ulama asal Makassar, menjadi mufti kerajaan yang bertugas menyelesaikan urusan keagamaan dan penasehat sultan dalam bidang pemerintahan.
  •  menggalakkan pendidikan agama, baik di lingkungan kesultanan maupun di masyarakat melalui pondok pesantren.
Peran kepemimpinannya :
  • Beliau adalah pemimpin yang sangat amanah dan memiliki visi ke depan membangun bangsanya. Seorang pemimpin yang sangat visioner, tegas dalam memerangi kemiskinan, berkarakter kepemimpinan dan intelektual, Kepentingan rakyat adalah segalanya.
  • Ahli perencanaan wilayah dan tata kelola air, egaliter dan terbuka serta berwawasan internasional.
  • Aktif membina hubungan baik dan kerjasama dengan berbagai pihak di sekitarnya atau di tempat yang jauh sekalipun.
  • Sekitar tahun 1677 Banten mengadakan kerjasama dengan Trunojoyo yang sedang memberontak terhadap Mataram. Dalam pada itu, dengan Makasar, Bangka, Cirebon, dan Indrapura dijalin hubungan baik. 
  • Sumber : http://azwirchan.blogspot.com/2014/03/nama-pahlawan-dari-provinsi-banten.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar